Penyebab Badan Lemas Setelah Liburan, Intip Cara Mengatasinya! (2024)

Sumber: Freepik

Berlibur sering kali dianggap sebagai waktu untuk bersantai dan melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari. Namun, tidak sedikit orang yang mengalami rasa lemas setelah kembali dari masa liburan yang seharusnya menyegarkan. Hal ini disebabkan oleh aktivitas yang padat selama liburan berlangsung dan malah bisa menimbulkan kelelahan. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang merasa lemas setelah liburan.

Misalnya seperti menjelajahi tempat-tempat wisata, bertemu dengan keluarga dan teman, atau bahkan mengejar deadline untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda. Perubahan pola tidur dan pola makan yang umum terjadi selama liburan juga dapat menjadi penyebab badan lemas setelah liburan karena berdampak pada kesehatan dan keseimbangan tubuh.

Tentu, ini bisa menyebabkan pikiran dan tenaga terkuras serta dapat menyebabkan stres. Namun, kamu tak perlu terlalu khawatir sebab, kelelahan setelah liburan tentu bisa diatasi agar tetap semangat saat menjalankan aktivitas. Lantas, apa saja cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi badan lemas setelah liburan? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Pola Tidur yang Teratur
Badan lemas setelah liburan cenderung disebabkan oleh perubahan pola tidur yang tidak teratur selama masa liburan. Hal ini disebabkan akibat kebanyakan orang mengabaikan jadwal tidur yang konsisten sehingga pola tidur yang sudah terjadwal menjadi tidak teratur. Oleh karena itu, hal ini dapat mengacaukan kesehatan tubuh sehingga ketika kembali dari liburan, tubuh mengalami rasa lelah yang berlebihan.

Menjaga pola tidur secara teratur merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi lelah setelah melewati masa liburan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti saran tidur selama 7-8 jam setiap malam agar tubuh memiliki waktu yang cukup untuk memperbaiki energi yang terkuras selama liburan.

Selain durasi tidur yang cukup, penting juga untuk mengatur jam tidur secara konsisten. Mengatur pola tidur dengan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu tubuh untuk lebih bugar. Dengan menjaga keseimbangan antara durasi, konsistensi, dan kualitas tidur, kesehatan tubuh dapat terjaga secara efektif dari masa liburan yang melelahkan.

Selain itu, rutinitas tidur yang terjaga juga bisa menekan rasa lemas dan kelelahan yang dirasakan saat bepergian atau jalan-jalan. Oleh karena itu, tidak heran jika pola tidur yang teratur dan ideal menjadi tips mengatasi badan lemas selama liburan.

Penyebab Badan Lemas Setelah Liburan, Intip Cara Mengatasinya! (1)Sumber: Filling The Jars

Luangkan Waktu Untuk Relaksasi
Setelah melewati masa liburan yang penuh dengan aktivitas, seringkali tubuh merasa lelah dan lemas. Namun, ada beberapa tips liburan yang dapat membantu menjaga tubuh tetap segar dan bugar setelah berlibur, seperti meluangkan waktu untuk relaksasi. Hal ini berarti, kamu diminta untuk mengistirahatkan tubuh serta pikiran sejenak dan bukan berarti malas-malasan.

Dengan mengambil waktu untuk relaksasi, hal ini dapat membantu memerangi stres dan menjaga energi tetap stabil untuk melakukan kegiatan kembali. Selain relaksasi, olahraga mengolah pikiran dan olahraga ringan juga dapat membantu mengurangi badan lemas setelah liburan. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan seperti meditasi, yoga, atau berjalan-jalan ringan.

Tentu, ini tidak hanya membantu menjaga kebugaran fisik, tetapi juga meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Dengan cara ini, seseorang dapat memastikan bahwa tubuhnya tetap segar dan siap menghadapi aktivitas sehari-hari dengan energi yang maksimal serta meminimalisir risiko rasa lemas setelah berlibur.

Mengatur Pola Makan Dengan Ideal
Badan lemas setelah liburan juga seringkali dapat dikaitkan dengan pola makan yang tidak terkontrol. Dimana, saat berlibur, kecenderungan untuk mencoba berbagai jenis kuliner khas daerah yang dikunjungi menjadi hal yang menggoda. Namun, seringkali makanan ini mengandung tinggi gula, lemak jenuh, dan kolesterol, terutama dalam hidangan yang digoreng atau berlemak.

Alhasil, setelah jalan-jalan usai, tubuh tidak merasa segar, melainkan merasa kurang sehat seperti merasa berat badan naik drastis, stamina menurun. dan lainnya. Sadar akan dampak negatif dari pola makan sembarangan selama jalan-jalan atau berlibur, hal ini membuat kita memahami bahwa penting untuk mengontrol makanan agar menjadi lebih seimbang.

Dengan begitu, ini menjadi langkah awal yang krusial, dimana kamu bisa melibatkan pilihan makanan yang lebih sehat seperti sayuran, buah-buahan, sumber protein tanpa lemak, dan karbohidrat kompleks. Dengan demikian, semua hal tersebut tidak hanya memastikan asupan nutrisi yang cukup, tetapi juga membantu menjaga berat badan ideal dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Oleh karena itu, tips liburan yang bijak juga dapat membantu mengatasi masalah badan lemas pasca liburan. Contoh, kamu dapat menentukan kuliner apa yang ingin dicoba dengan mengatur jadwal seluruh kegiatan lebih terstruktur dan tetap melakukan batas konsumsi pada makanan yang kurang sehat bagi tubuh. Hal ini dilakukan untuk membantu mencegah terjadinya kelelahan dan penurunan energi.

Baca juga: Jarang Disadari, Kebiasaan Buruk Harian Ini Bikin Dietmu Gagal!

Mengonsumsi Suplemen untuk Mendukung Pemulihan Pasca Liburan
Mengonsumsi suplemen untuk mendukung pemulihan pasca liburan telah menjadi pilihan yang populer bagi banyak orang yang ingin meningkatkan energi setelah periode liburan yang melelahkan. Walaupun istirahat yang cukup dan gaya hidup sehat tetap menjadi kunci utama namun, suplemen tambahan dapat menjadi booster tubuh untuk mengatasi badan lemas setelah rekreasi.

Salah satu suplemen yang sering dipilih yakni Hemaviton Stamina Plus dengan Advanced Fit Formula. Suplemen ini dirancang khusus untuk memberikan dukungan lengkap bagi tubuh dalam mengatasi kelelahan dan meningkatkan stamina. Dengan kombinasi kandungan yang komprehensif seperti Vitamin B Complex, Buffered Vitamin C, Zinc, Vitamin A & E, Ginseng Extract, Guaranine, L-Glutamic Acid serta mineral.

Sejumlah suplemen ini memberikan nutrisi tambahan yang dapat membantu tubuh memperbaiki diri dan mengembalikan energi yang terkuras selama jalan-jalan. Namun, penting untuk tetap memperhatikan dosis yang tepat dan berkonsultasi dengan profesional kesehatan terlebih dahulu. Apalagi, bagi kamu yang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain yang mungkin berinteraksi dengan suplemen tersebut.

Penyebab Badan Lemas Setelah Liburan, Intip Cara Mengatasinya! (2)Sumber: Curly Tales

Pulang Lebih Awal dari Liburan
Setelah liburan, memperhitungkan untuk pulang sehari lebih awal dapat membantu tubuh beradaptasi kembali ke rutinitas harian dengan lebih ideal. Jika memungkinkan, kembali ke rumah dengan satu atau dua hari lebih awal bisa menjadi salah satu tips yang dapat dilakukan untuk memungkinkan tubuh beristirahat dan mengurangi dampak jet lag yang dialami.

Meskipun sering dianggap sepele, mengatur waktu untuk pulang lebih awal dari liburan menjadi hal yang tidak boleh diabaikan. Pasalnya, hal ini memberikan kesempatan untuk memiliki lebih banyak waktu luang, seperti menyelesaikan tugas-tugas rumah, merencanakan kembali kegiatan rutin sebelum kembali beraktivitas, dan melakukan hal-hal lain yang penting lainnya.

Dengan demikian, ini memberikan kesempatan untuk beristirahat sejenak dan mengurangi stres yang mungkin kamu rasakan saat memikirkan kembali beban kerja yang menanti. Oleh karena itu, sambil menikmati jalan-jalan, jangan lupa untuk merencanakan waktu pulang yang memadai agar dapat menghindari badan lemas dan stres setelah liburan.

Nah, itu dia beberapa tips yang dapat dilakukan agar tidak merasakan badan lemas setelah liburan. Kacau dan tidak teraturnya kegiatan yang kita lakukan selama masa liburan, dapat membuat badan kita sering terasa lelah dan tidak berenergi untuk memulai aktivitas setelah liburan. Dengan mempertahankan beberapa pola yang sudah teratur sebelumnya seperti pola tidur dan makan, hal tersebut akan sangat membantu kita untuk tetap bugar dan sehat setelah masa liburan.

Selain itu semua, hal yang paling penting dan tidak boleh kita lewatkan adalah berolahraga. Kegiatan ini harus secara konsisten kita lakukan mengingat hal tersebut dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Tidak hanya itu, dengan didukung teknologi seperti smartwatch, Kegiatan olahraga dapat dilakukan lebih terstruktur dan terpantau dengan baik.

Untuk mendapatkan smartwatch dan perangkat pendukung lainnya, kamu bisa membelinya di Eraspace. Harga murah dan diskon menarik selalu disediakan tiap bulannya bagi kamu yang sudah terdaftar menjadi member MyEraspace. Jadi, tunggu apalagi? Dapatkan semua produk elektronik kesayanganmu dengan garansi resmi hanya dengan mengunjungi website atau mengunduh aplikasi Eraspace sekarang juga!

Baca juga: Sejumlah Tips Digital Parenting untuk Didik Anak di Era Digital

Penyebab Badan Lemas Setelah Liburan, Intip Cara Mengatasinya! (2024)

References

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Virgilio Hermann JD

Last Updated:

Views: 5387

Rating: 4 / 5 (41 voted)

Reviews: 80% of readers found this page helpful

Author information

Name: Virgilio Hermann JD

Birthday: 1997-12-21

Address: 6946 Schoen Cove, Sipesshire, MO 55944

Phone: +3763365785260

Job: Accounting Engineer

Hobby: Web surfing, Rafting, Dowsing, Stand-up comedy, Ghost hunting, Swimming, Amateur radio

Introduction: My name is Virgilio Hermann JD, I am a fine, gifted, beautiful, encouraging, kind, talented, zealous person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.